Halaman

Minggu, 18 November 2012

Toyota Fortuner SUV Terbaik

Fortuner SUV Terbaik

Fortuner SUV Terbaik
Fortuner SUV terbaik adalah produk baru dari PT. Toyota Astra Motor yang dilengkapi Variable Nozzle Turbo (VNT) dengan intercooler yang diberi nama Grand New Fortuner VN Turbo. Peluncuran Toyota Fortuner dilakukan pada tanggal 25 agustus 2012 silam .

Harga Fortuner SUV Terbaik

Fortuner berbahan bakar diesel (solar) di dijual dengan harga 380-420 jutaan rupiah. 
Berikut rincian harga dari varian Fortuner SUV terbaik dari toyota.
Grand New Fortuner VN Turbo 2.5 G M/T Rp. 387,000,000
Grand New Fortuner VN Turbo 2.5 G A/T Rp. 397,000,000
Grand New Fortuner VN Turbo 2.5 G M/T TRD Rp. 411,900,000
Grand New Fortuner VN Turbo 2.5 G A/T TRD Rp. 421,900,000

Spesifikasi Fortuner SUV Terbaik

Fortuner SUV terbaik ini berbobot 1,8 ton dan mesin diesel 2500cc dengan empat silinder. Keunggulan yang dimiliki Fortuner VNT yaitu tenaganya naik menjadi 144 PS dari 102 PS selain itu torsi juga naik menjadi 35 Kgm  dari 26,5 Kgm jika dibandingkan dengan versi sebelumnya yang tanpa Variable Nozzle Turbo (VNT). Anda dapat membandingkan sendiri Fortuner VNT dengan produk Fortuner sebelumnya, baik dari spesifikasi maupun harganya dengan mengunjungi website resminya.

Fortuner VNT dengan peningkatan tenaga yang begitu besar tentu akan membuat tarikannya menjadi lebih ringan. Berdasarkan tes drive yang dilakukan oleh kompas otomotif dengan rpm yang tak sempat menyentuh angka 3.000 dan sudah mendapat cukup tenaga, ini berimbas pada iritnya konsumsi bahan bakar. Meski tidak dites secara riil, Multi Information Display (MID) pada Fortuner VNT menunjukkan konsumsi bbm mencapai angka 10,4 km per liter. Untuk varian manual lebih irit lagi dengan konsumsi bbm rata-rata 11,6 km per liter. Keduanya dilibas dengan kecepatan bervariasi.

Perlu diketahui tujuan pemasangan turbo pada Fortuner SUV terbaik ini adalah untuk memperkaya jumlah oksigen yang masuk ke ruang bakar mesin agar pembakaran sempurna. Pembakaran sempurna terjadi jika jumlah oksigen mampu membakar habis bahan bakar yang diinjeksikan ke ruang bakar menjadi Karbondioksida, sedangkan pembakaran yang tidak sempurna menyisakan bahan bakar yang tidak terbakar dan karbonmonoksida disamping karbondioksida seperti pembakaran sempurna.

Komponen turbo fortuner terdiri dari dua buah baling-baling yang mempunyai satu poros. Satu baling-baling berfungsi sebagai kompressor yang bertugas menyedot udara dari luar dan mendorong udara ke ruang bakar sehingga jumlah udar yang masuk ke ruang bakar menjadi lebih banyak. Baling-baling kedua yang berfungsi sebagai turbin terhubung dengan aliraan gas buang  turbin berputar. Jadi pada saat turbin berputar maka kompresor berputar pula menyedot udara dari luar. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada  video berikut.

Pada Turbo biasa dibutuhkan putaran turbin yang kencang  agar kompressor dapat menyedot udara secara secara efektif. Putaran turbin seperti itu  hanya bisa dihasilkan pada saat mesin putaran tinggi sehingga tekanan gas buang memadai untuk memutar turbin. Untuk mengatasi masalah tersebut Fortuner menggunakan inovasi VNT (Variable Nozzle Turbo) atau sederhananya disebut pengaturan aliran gas buang ke turbo. Turbo VNT yang di pasang di Fortuner SUV VN Turbo memiliki baling-baling turbin yang dapat diatur sesuai dengan putaran mesin sehingga turbin tetap berputar kencang dan kompressor dapat bekerja efektif walaupun pada putaran mesin rendah. 

Fortuner SUV Terbaik
Turbo tehubung dengan aliran  gas buang hasil pembakaran yang panas, ini menyebabkan suhu udara yang terhisap ikut meningkat. Suhu udara yang panas membuat molekul oksigen menjadi renggang dan menipis. Hal ini menyebabkan tujuan pemasangan turbo untuk meningkatkan kadar oksigen pada pembakaran menjadi tidak efektif.  Solusi peningkatan suhu udara yang dihisap kompressor yaitu dengan  memasang intercooler pada Toyota Fortuner   yang berfungsi untuk menurunkan kembali suhu udara yang panas agar kandungan oksigen menjadi lebih rapat. Sumber pendingin adalah hembusan udara luar yang dialirkan dari air scoop pada kap mesin Fortuner SUV VN Turbo.

TOYOTA SEO Award 2012
Sekian penjelasan tentang "Fortuner SUV terbaik" semoga ini bermanfaat. Untuk menambah wawasan anda silahkan baca juga post sebelumnya

2 komentar:

  1. fortuner mempunyai teknologi mesin yg canggih. semoga menang kontesnya ya sobat.

    ditunggu kunjungan baliknya.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus